Selasa, 19 Oktober 2010

(masih) kebahagiaan

bismillahirrahmanirrahiim..

Menarik sekali, ketika Sabtu kemarin saya baru saja sharing tentang kebahagiaan; Ahadnya saya menemukan tweet dari Mas Aten sendiri tentang kebahagiaan: "Bahagia adalah kehendak. Jika seseorang menghendaki dirinya bahagia maka ia berbahagia. Selamat berbahagia".

Lalu
sejak Senin pagi kemarin, Salim A. Fillah melalui twitternya membahas hal yang sama dengan hashtag #BahagiaAdalah. Asumsi saya, hashtag ini terinspirasi oleh #RomantisAdalah yang merajai timeline twitter hari Sabtu hingga Ahad. :D
 
Tweets #BahagiaAdalah dari Bang Salim luar biasa mencerahkan. Saya sampai merinding berkali-kali. Rasanya sayang sekali bila tweets inspiratif tersebut tercecer di twitter. Semalam saya menyarankan agar #BahagiaAdalah bisa diposting di blog. Sama beliau dibales, "Sarah nan baik hati bersedia membantu?" :D
 
Yak, jadilah barusan saya main ke timeline Bang Salim buat menyalin tweet #BahagiaAdalah. Check this out. :) (note: tweet ini tidak sesuai waktu updatenya, saya sempat memilih-milih sesuai tema hehe mohon izin, Bang)

#BahagiaAdalah Saat ikhlasmu bagai susu. Tak tercampur kotoran, tak tersusup darah. Murni, bergizi, menguati. Langit ridha, bumi terilhami.

#BahagiaAdalah Terkejut di hadapanNya: "Allah, amalku tak sebanyak ini." FirmanNya: "Memang. Tapi kau inspirasi. Pahala mereka untukmu jua."

#BahagiaAdalah Saat kebaikanmu terceritakan pada dunia, lalu manusia terilham untuk berkarya. Adapun kau, bersembunyi menanti pahalaNya.

#BahagiaAdalah Saat iri pada mereka yang diberi limpahan harta & ilmu, lalu kita janji pada Allah akan BERBUAT lebih jika diberi nan serupa.

#BahagiaAdalah Saat orang lain hanya bisa membicarakan keburukanmu. Maka gugurlah dosamu. Sementara kebaikanmu tersimpan dalam senyum Tuhan.

#BahagiaAdalah Saat prasangka tak bisa mengalahkan akhlaqmu, saat kebencian tak meruntuhkan adilmu, saat dendam tenggelam dalam maafmu.

#BahagiaAdalah Saat kau membalas semua yang kotor & keji dengan yang baik & suci. Sebab hanya itu yang kau punya tuk dibagi.

#BahagiaAdalah Saat dendam kau anggap racun, ditenggak sendiri tapi berharap orang lain yang mati. Lalu kaupun memaafkan.

#BahagiaAdalah Membersamai orang shalih. Wajahnya ingatkanmu pada surga, kata-katanya mendzikirmu akan Allah, amalnya mengilhamimu berkarya.

#BahagiaAdalah Allah menjadi mata yang kau pakai melihat, telinga yang kau guna mendengar, tangan untukmu bertindak, kaki untukmu melangkah.

#BahagiaAdalah Janji yang tertunaikan, amanah yang tersampaikan, silaturrahmi yang tersambung kembali.

#BahagiaAdalah Saat dosa mendekatkanmu padaNya dengan taubat nashuha, saat ibadah tak menjauhkanmu dariNya gara-gara membangga.

#BahagiaAdalah Masa lalumu tak membelenggu, masa depanmu tak menghantu, masa kinimu terisi puncak karya yang kau bisa.

#BahagiaAdalah Saat hati, lisan, dan perbuatan menarikan kebenaran dan kebaikan dalam selarasnya irama. Tak satupun yang sumbang.

#BahagiaAdalah Berani jujur pada hati dan kuat mengikuti bisik nurani. Kadang memang tersepi dan sunyi. Tapi senyum Tuhan membersamai.

#BahagiaAdalah Ditutup aib kita, diampuni dosa-dosa, dan dijadikan lebih baik pribadi ini dari semua kemuliaan yang disematkan manusia.

#BahagiaAdalah Dalam pandangan diri merasa terrendah, dalam penilaian orang dianggap tengah-tengah, di sisi Allah jadi yang paling mulia.

#BahagiaAdalah Hidup dalam prasangka baik sesama pada kita, lalu mensyukuri baik sangka itu dengan berjuang untuk menjadi benar-benar baik.

#BahagiaAdalah Tak usah banyak cerita tentang diri kita. Yang mencinta tak memerlukan. Yang benci takkan percaya. Cukup penilaianNya saja;)

#BahagiaAdalah Setelah tahu bahwa kita tak bisa selalu memperoleh apa yang kita suka, kita belajar untuk menyukai apapun yang kita peroleh.

#BahagiaAdalah Kurnia lapang hati menerima nan tak terubah, keberanian bertindak atas ia yang bisa diubah, & kebijaksanaan membeda keduanya.

#BahagiaAdalah Keterampilan menyampaikan kebenaran atas kesalahan dia yang terkasih, ketika semua kata luruh ditelan rasa-rasa.

#BahagiaAdalah Kepada mereka yang gersang, kita menjadi embun pada paginya, awan teduh bagi siangnya, dan rembulan menghias malamnya.

#BahagiaAdalah Membalas gunjingan orang dengan pujian.

#BahagiaAdalah Melawan pengkhianatan dengan kesetiaan.

#BahagiaAdalah Berhasil menyembunyikan ibadah pada Allah dari mata manusia, dan menampakkan bekasnya nyata-nyata berupa akhlaq mulia.

#BahagiaAdalah Selalu menjaga agar sebuah IKATAN -persaudaraan, pernikahan, apapun- lebih berharga daripada SITUASI yang sedang terjadi.

#BahagiaAdalah Jika semua kelebihan yang dipunya tak bisa menumbangkan kerendahan hati kita.

#BahagiaAdalah Jika keadaan hari ini tak bisa mengalahkan mimpi-mimpimu.

#BahagiaAdalah Meneladani ahli surga nan sahaja, melepas segala sesak dada akibat beban 
rasa pada sesama.

#BahagiaAdalah Berbagi senyum kecil & pujian sederhana, agar hati nan nyaris putus asa kembali percaya bahwa ia berhak & layak berbuat baik.

#BahagiaAdalah TIDAK bersaing dalam rasa derita. ie: Ketika ada yang berkata, "Pesawat saya delay 3 jam", kita sambut, "Saya pernah 8 jam!"

#BahagiaAdalah Bisa membenci kesalahan, tapi tetap memperlakukan pelakunya dengan cinta. Baik yang silap diri sendiri, maupun orang lain.

#BahagiaAdalah Sadar bahwa sebagai matahari, janganlah dekat-dekat pada bumi, sebab panasnya bisa menyakiti;)

#BahagiaAdalah Menjadi karang yang ridha ditumbuhi lumut, lalu keangkuhannya remuk menjadi butiran hara yang menyuburkan bumi.

#BahagiaAdalah Mati dalam 'amal terbaik, tinggalkan jejak yang ditumbuhi harum melati, atau dibenami tiang pancang tuk bergayutnya anak-cucu

#BahagiaAdalah Ketika merasa bahwa semua orang punya masalah dengan kita, curiga bahwa diri kita inilah masalahnya. Lalu membenahi jiwa;)

#BahagiaAdalah Allah berkahi tiap kata yang mengalir dari ujung jemari, menebar kebaikan, mencantikkan kebenaran, menggerakkan perbaikan;)

#BahagiaAdalah Mengambil cinta dari langit, lalu menebarkannya di bumi.

#BahagiaAdalah RT @hafidhuddin: Bersama-sama di dunia dlm iman dan takwa, kelak akan bersama-sama pula di surga Allah.

#BahagiaAdalah Malaikat tawari binasakan orang yang menyakitimu. Jawabmu: Ampunilah sebab mereka tak tahu, kelak keturunannya esakanMu #Nabi

#BahagiaAdalah Ditawari tinggal dalam syahdu-sentausa di langit sana, tapi kau pilih turun ke bumi. Menebar bajik, menghalau serik. #Nabi

#BahagiaAdalah Membagi senyum ketika kau terluka, memberi minum ketika kau dahaga, menghibur jiwa-jiwa ketika kau berduka. #Nabi

#BahagiaAdalah Berdiri malam-malam, bersujud dalam-dalam. Lalu kau sedekahkan hati yang terisi cinta Ilahi pada segenap penghuni bumi. #Nabi

#BahagiaAdalah Cinta pada orang mulia mengantar ke kedudukan yang tak bisa dicapai amal pribadi. "Kau kan bersama yang kaucinta", kata #Nabi

#BahagiaAdalah Insyaf bahwa tiap nikmat membawa ujian. Seperti tampanmu: cemburu, keterbuangan, perbudakan, nafsu, penjara, & kuasa. #YUSUF

#BahagiaAdalah Kau impikan 11 bintang, bulan, & mentari sujud padamu. Itulah awal petualangan hidupmu nan paling bermakna & berliku. #YUSUF

#BahagiaAdalah Saat dia yang kau cinta, tapi pernah nyaris bersama jatuh dalam petaka, kini tersatu kembali di jalan yang diridhaiNya #YUSUF

#BahagiaAdalah Saat kau berhasil sembunyikan gelegak hati karena disebut 'Pencuri', demi mulusnya drama keluarga nan menyejarah. #YUSUF

#BahagiaAdalah Saat kau yang buta mencium bau khas anak tersayang nan hilang. Tapi anak lain mencandaimu: Kau masih dalam sesatmu. #YA'QUB

#BahagiaAdalah Saat kau pejam mata; mengeja cintamu pada sibiran tulang sekaligus taatmu pada pencipta kehidupan. Domba itu muncul. #IBRAHIM

#BahagiaAdalah Saat baik sangkamu harus ditopang upaya; kau lari bolak-balik 7 kali tunjukkan kesungguhan. Zam-zam di kaki bayimu. #HAJAR

#BahagiaAdalah Saat kau, wanita ringkih&bayi merah ditinggal di gersang mematikan. Katamu tegar: Allah takkan pernah sia-siakan kami. #HAJAR

#BahagiaAdalah Merencanakan agar sesuai dengan rencanaNya, bertindak dalam kehendakNya. "Jadilah kehendakMu, bukan kehendakku." #ISA

#BahagiaAdalah Tahu bahwa Allah bisa memuliakan dan mendidik dengan cara apapun. Jika tak sabar bertugas, sabarlah dalam musibah. #YUNUS

#BahagiaAdalah Dipanggang terik, pasir membara, tindihan batu, cambukan kejam, darah berlelehan. Tapi lisanmu teguh berucap, "Ahad!" #Bilal

#BahagiaAdalah Kau jaga Sang Nabi, tubuhmu terkoyak 70 luka nan mencucurkan merah. Doamu: Ambil darahku Tuhan, sampai Kau ridha. #Thalhah

#BahagiaAdalah Keyakinan atas kebenaran yang tak menghalangi penghormatan pada mereka nan berbeda. #ParaImamMadzhab

#BahagiaAdalah Kawan mulia. Jika berkunjung, katanya, "Sebab keutamaanmu." Jika kita tandang, ujarnya, "Ini kemurahan hatimu." #Syafii-Ahmad

#BahagiaAdalah Memaknai semua aniaya sebagai foya-foya. Dibuang itu tamasya, dipenjara itu rehat, dibunuh menghadap Kekasih. #IbnuTaimiyah

__Ditutup dengan doa pagi:
#BahagiaAdalah Ya Rabbi, jadikan semua gejolak di dalam hatiku mengantarku mendekat pada ridha dan surgaMu.

#BahagiaAdalah Ya Rabbi, jika aku harus berkawan gelisah, jadikan ia titik mula amal-amal shalih menjemput keajaiban menenangkan.

#BahagiaAdalah Ya Rabbi, jika aku harus berteman ketakutan, jadikan ia penghalang dari mendurhakaiMu.

#BahagiaAdalah Ya Rabbi, jika aku harus berteman kekhawatiran, jadikan ia dzikirku mengingatMu.

Yak itulah tweets #BahagiaAdalah dari Bang Salim. Semoga bermanfaat. Oia main-main ke twitternya boleh banget loh, sangat dianjurkan malah. Ke sini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar